Welcome to my blog..:)
Feel free to browse and if you want to order just give me a call or drop a line on my email.




Friday, February 6, 2009

Mocha Nougat Cake


Gara-gara di milis rame diskusi mocca nougat cake, aku jadi pingin bikin. Kebetulan lagi kepingin bikin cake yang lembut. Cake ini lembut dan enak..plus sensasi kres-kres nya...
Bikin nougatnya sampe malem, soalnya di gepukin manual pake rolling pin hahahaha. Mau pake chopper takut terlalu halus. Enjoy..

Mocha Nougat Cake
By Lanny Soechan

Bahan 1:

8 kuning telur
50 gr gula pasir halus (castor)

Bahan 2:

150 gr tepung terigu protein rendah
1/2 sdt baking powder

Bahan 3 (campur jadi satu):

100 ml susu cair
100 ml minyak sayur

Bahan 4:

250 ml putih telur
100 gr gula pasir
1/2 sdt cream of tar tar
1/2 sdt garam

Bahan 5 (cream) :

250 gr mentega putih
125 gr margarine
200 ml susu kental manis putih
2 sdm mocca pasta

Bahan 6 (nougat):

200 gr gula pasir
200 gr kacang tanah, panggang, tumbuk kasar ( aku pake 100 gr kacang tanah dan almond)



Cara membuat :

1. Bahan 4 : kocok putih telur hingga 1/2 mengembang. Masukkan gula pasir, cream of tar tar, dan garam. Kocok kembali hingga mengembang, tapi tidak terlalu kaku.

2. Campur dan kocok bahan 1 menjadi satu hingga mengembang dan gula larut. Masukkan bahan 2 sedikit demi sedikit sambil diselingi dengan bahan 3, aduk berlahan dengan spatula hingga rata.

3. Tuangkan bahan 4, aduk hingga tercampur rata. Tuangkan adonan ke dalam 2 buah loyang berdiameter 20 cm yg telah diolesi dg margarine hingga rata.

4. Panggang ke dalam oven dengan suhu 160 • C - 175 •C selama 20 menit hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat, dan dinginkan.

5. Campur dan kocok bahan 5 menjadi satu hingga tercampur rata dan mengembang, sisihkan.

6. Bahan 6 : sangrai gula pasir hingga meleleh dan berwarna kuning kecoklatan. Masukkan kacang tanah, aduk rata. Tipiskan didalam loyang yang telah diolesi dengan sedikit minyak pada saat selagi panas. Dinginkan, haluskan.

7. Ambil satu lembar cake, olesi dengan bahan 5 hingga rata dan taburi dengan bahan 6. Tumpuk dengan cake, beri lagi dengan bahan 5 dan bahan 6. Lakukan hal yang sama untuk semua cake yang selanjutnya, terakhir taburi seluruhnya dengan bahan 6.

8. Hias sesuai selera.


10 comments:

sally said...

meleleh air liur saya melihat kek yg cantik dan lazat!

err..salam kenal..

Evi said...

hi Sally, thank you..:) nice to know you.

Anonymous said...

hi mbak evi, salam kenal yah....
Aku mpe ngilerrrr mbak...
Tapi kok ragu yah ngeliat bahan cairnya banyak banget, 100 susu + 100 minyak? Apa nantinya gak bantet yah mbak?
Trus kalo cakenya aku tutup fondant bakalan kokoh gak yah?
Makasih banyak mbak...

Evi said...

halo Inge...salam kenal juga ya...
aku juga suka kue ini. Kemarin aku nyoba memang bahan cairnya segitu. Di coba saja deh setengah resep dulu. Tapi nanti kurang he..he..
Kalau soal mau di tutup pake fondant, aku kurang tahu. Tapi memang kue ini lembut banget, takutnya bisa melorot ya..:).Semoga membantu yaa..thanks again for visiting my blog.:)

Une part de gâteau ?... said...

Hello from the southwest of france ;-)
Saya sering 'intip' blognya Evi. Senang sekali liat foto2 cake yg cantik2...jd mo bikin jg..hehe. Mau tanya, utk mentega putihnya pake yg crisco itu kan? kalo diganti mentega biasa gimana? Lalu creamnya boleh tdk disiapkan sehari sblmnya? Thx yah... (ryma)

Evi said...

Hi Ryma, thanks ya sudah mampir di blog aku :)
Creamnya bisa di siapkan sehari sebelumnya. Aku nggak pake Crisco. Waktu aku aku bikin aku pake whipping cream merk Rich n smooth. Bisa pake mentega biasa kok kaya bikin Butter cream gitu. Happy baking :)

Adriana said...

Evi....nanya dong, di bahan 6, kacang tanah & almond yg kamu pake itu totalnya 100gr or 100gr each?

Terus di bahan 5, mocca pastanya disini ada gitu? Aku blm punya mocca pasta, di CW cakes ada jual? Aku planning mo bikin cake ini utk ultah hubby, dia penggemar kacang, hrsnya suka ya! :) Trs kamu pake whipping cream merk Rich n smooth itu bli disini juga? Aku biasanya kalo mo bikin whipping cream cuma bli thickened cream di supermarket doank!

Thanks for the recipe ya Evi...

Evi said...

Adriana, aku bikinnya total 100 gr aja, soalnya cuma itu yg ada di rumah :)dan menurut aku 100 gr itu sudah cukup banyak, soalnya gulanya nanti kan jadi cair. Kalau suka kacang banyak, bikin 200 gr aja Adriana.

MOcca pasta ada di Laguna atau Indomart/mix merknya kupu2. di cw cakes jual rich jg, kalau pasta kayaknya cm coklat deh. Kalau mau di ganti cream pake yg pure cream/double cream jg tambah enak hehehe. Lebih mahal sih tapinya :)

Sori nih belum sempat ketemuan, masih cari2 waktu yang pas.

Adriana said...

Evi, katanya kalo kupu2 mocha pastanya kurang enak? Kamu pake yg kupu2?? Aku jg lagi sibuk nih Evi....Nov 30 balik indo,jd tiap hr ada aja d. Evi, ttg nougatnya, itu kalo pake kacang 100gr, gulanya jd 100gr jg atau ttp 200gr?Kalo 100gr cukup, udah lah 100gr aja...tar kbykan kolesterol! Hahaha....aku sengaja pake thickened cream biasa jg karena takut kolesterol. Emang sih kalo pake yg double cream itu rasanya enak, tp ssdh makannya itu lhoooo hahaha.... . Evi, emang yg Rich n smooth itu lebih enak?

Evi said...

Ya rasanya gitu deh hehe. Aku kemarin dari Indo di bawain pasta black forest merk Tofiecco. Bagus juga. Besok beli deh di Indo pas pulang. Aku jg pulang 17 Des ini sampe feb 2010.
Makenya nougat cuma dikit aja kok. Nggak usah tebel2 hehe. Aku masih simpen tuh di kulkas, sisa bikin yang resep ini. Nougatnya enak di makan gitu aja :)