Welcome to my blog..:)
Feel free to browse and if you want to order just give me a call or drop a line on my email.




Sunday, March 30, 2008

Japanese Cheesecake


Aku buat Japanese cheesecake ini Sabtu malam, karena mau aku bawa ke BBQ party hari Minggunya. Teman kantor suami ngadain acara BBQ, dan biasanya setiap tamu datang sambil bawa sesuatu. Entah itu buah2an, salad, cake, bir. Nah kesempatan nih aku coba bawa Japanese Cheesecake. Dan waktu mereka nyoba wow..mereka suka lho. Rasanya nggak rich dan kombinasi antara cheese cream, lemon flavor dan aprikot glaze perfect banget . Wuih..lega rasanya kalau mereka suka.., bahkan istrinya bos suami, minta resepnya he..he..tentu saja boleh dan aku sudah email resepnya ke dia..
Ini resepnya yang aku ambil dari Pennylane Kitchen. Thanks ya mbak Riana.

Japanese Cheesecake
(sumber: 35 Variasi Resep-resep Cheesecake by Yasaboga)
dari Pennylane Kitchen

campur dan ayak:

50 gr tepung terigu
50 gr tepung maizena

bahan:

60 gr mentega tawar
250 gr cream cheese, biarkan pada suhu ruang
120 ml whip cream
3 kuning telur
1 butir telur
2 sdt kulit jeruk lemon parut
5 putih telur
1/8 sdt garam
125 gr gula pasir halus
1 sdt air jeruk lemon

topping:

2 sdm selai apricot
2 sdm air

caranya:

  1. Siapkan loyang bulat 22 cm, alasi kertas roti, olesi mentega. Pasang oven 150 derajat Celsius.
  2. Campur mentega, cream cheese dan whip cream dalam wadah. Didihkan dengan api kecil, aduk hingga lembut, angkat dari api.
  3. Masukkan campuran tepung, aduk rata. Masukkan kuning telur dan 1 butir telur, aduk rata. Masukkan kulit jeruk lemon, aduk rata, sisihkan.
  4. Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai terbentuk kerucut-kerucut tumpul (soft peak).
  5. Tuang 1/3 adonan putih telur ke adonan cream cheese, aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur, aduk rata. Tuang adonan ke loyang, panggang dengan cara au bain marie, kurang lebih 75 menit sampai permukaan matang, kuning keemasan. Keluarkan dari oven.
  6. Setelah benar-benar dingin, lepaskan cake dari loyang. Panaskan selai apricot dan air, oleskan ke permukaan cheesecake.

No comments: