Welcome to my blog..:)
Feel free to browse and if you want to order just give me a call or drop a line on my email.




Saturday, April 5, 2008

Chiffon Pandan Cake


Chiffon Pandan ini rasanya lembut sekali. Rasanya ringan tidak bikin neg. Resepnya dari Majalah Sedap Sekejap Edisi 3/III/2002. Sudah di coba berulang kali, tapi baru kali di posting. Ada beberapa modifikasi yang aku buat.

Chiffon Pandan Cake

Bahan A:
5 kuning telur
80 ml minyak goreng
50 ml santan
15 ml air ( aku tambah 35 ml, jadi total bahan cair (santan+minyak+air pandan menjadi 180 ml)
daun suji ( aku nggak pake),
2 lembar daun pandan
3 tetes pewarna hijau ( nggak pake diganti pasta pandan)
150 gr tepung terigu
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt bicarb soda/soda kue

Bahan B:
5 buah putih telur
160 gr gula pasir
1/4 sdt cream of tar-tar

Cara membuat:
1. Tumbuk daun pandan (plus suji kalau pake ) lalu tambahkan air 15 ml ( aku 50 ml) . Peras dan saring. Tambahkan 3 tetes pewarna hijau/ pasta pandan.
2. Ayak tepung, baking powder, soda kue. Setelah tercampur rata tuangkan santan, minyak goreng dan kuning telur. Aduk sampai rata, tidak ada yang bergerindil. Kalau perlu di saring.
3. Dalam wadah lain, kocok putih telur dan cream of tar-tar sampai setengah kaku, lalu masukkan gula pasir dan kocok lagi sampai soft peak.
4. Ambil 1/3 adonan putih telur , masukkan ke adonan telur kuning. Aduk balik hingga rata, masukkan sisa putih telur kocok, dan aduk balik perlahan dengan spatula.
5. Tuang dalam loyang Chiffon 20 cm tanpa dioles apapun. Oven dengan suhu 160 derajat celcius selama 60 menit (pake ovenku) atau sampai matang/ lakukan tes tusuk.
6. Setelah matang dan permukaan kecoklatan, keluarkan cake dan langsung di balik di atas rak kawat. Setelah betul2 dingin, cake bisa di keluarkan pelan2 dengan bantuan pisau yang tajam. Potong-potong sajikan.

1 comment:

Anonymous said...

yang ini juga enaaaaaaaaaaaaaak