Welcome to my blog..:)
Feel free to browse and if you want to order just give me a call or drop a line on my email.




Monday, December 8, 2008

Bolu Gulung ala Rina Rinso


Hari ini hari ulang tahun aku twink..twink, jadi pingin bikin sesuatu yang belum bisa. Kaya bolu gulung ini. Dulu pernah nyoba, manggang kuenya kekeringan, jadi waktu di gulung patah2 :(, coba ke 2, kulit kuenya lengket, jadi bolgul botak he..he..
Sekarang nyoba lagi, mumpung hari ini mau dinner diluar jadi nggak masak, so aku bisa bikin kue.
Proses pertama berjalan lancar, ngocok telur dan gula sampe kental banget. Masukin terigu dll. Dan panggang. Di oven mengembang bagus. Setelah 15 menit (waktu pemanggangan habis) aku cek permukaan kuenya. Masih rada basah nih. Aku pindahin ke rak atas selama 5 menit, soalnya oven aku nggak ada api atasnya. Menurut tips yang aku baca, rak bawah harus di beri loyang isi air supaya selama mematangkan atas kue, bagian bawah kue nggak terlalu kering/gosong.
Nah setelah kering. Aku dinginkan sebentar, lalu aku gulung. Lancar, karena ternyata kuenya bagus , moist sekali. Tahan sebentar, buka gulungan, olesi dengan selai (aku pakai nuttela plus keju). Gulung lagi. Buka kertas rotinya. Haiyaa...ternyata kulitnya masih ada yang pecah...huhuhu...hasilnya belum mulus ya wis lah...kalau sudah gini bagusnya di tabur gula halus aja biar nggak kelihatan retaknya ya..he..he...
Silahkan di coba, ini resepnya .Thanks ya mbak Rina.

Bolu Gulung ala Rina Rinso

Bahan :

3 butir kuning telur
3 butir telur antero
70 gr gula pasir
1 sdm emulsifier
1 sdm susu bubuk
40 gr tepung terigu
10 gr maizena
1 sdm baking powder
½ sdt vanila
1 sdm susu cair

Cairkan :

65 gr margarine

Olesan :

butterceram
keju cheddar yg diparut kasar


Cara Membuat :

Panaskan oven di suhu 180 0C.

Kocok gula, telur dan emulsifier sampai berjejak dan kental.

Masukkan tepung terigu, baking powder, vanila, dan susu bubuk, aduk rata.

Masukkan margarine cair dan susu cair, aduk rata.

Siapkan loyang ukuran 24x24x4, olesi dengan mentega dan kertas roti.

Tuang adonan ke dalam loyang, oven 15 menit.

Bila sudah matang balik ke atas serbet, gulung dalam keadaan panas, kemudian lepas lagi.

Setelah itu oleskan dengan bahan olesan, gulung dan padatkan. Siap disantap.



4 comments:

Rita said...

Happy belated b'day yah... bolgulnya pasti enak tuh

Evi said...

Thank you Rita....bolgulnya enak. Lumayan bisa buat bekal suami ke kantor :)

Dwiana P said...

gw pernah bikin bolugulung tapi gatot mulu:( your looks good! and happy bday yah!
oh ya pertanyaan dah gw jawab di kolom quest book mu.

Putria Fatmasari said...

met ultah y mb...maap telat hehehe...btw hmmm kue2nya, masakannya uennakk smua ni...photo nya cuantttiiikk2 ni mb;)